Hasil Piala AFF U-18 Indonesia vs Vietnam skor akhir 0-3

KABAR BOLA



KabarBola.co.id, Hasil Piala AFF U-18 Indonesia vs Vietnam skor akhir 0-3 – Tim Garuda Nusantara Indonesia U-19 mengalami kekalahan perdana pada laga ketiga Grup B Piala AFF U-18. Tim muda kita dibantai 0-3 oleh Vietnam di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9). Kelengahan pada menit-menit akhir babak pertama dan kedua membuat gawang Indonesia tiga kali kebobolan.


Hasil ini membuat Indonesia menempati posisi kedua Grup B dengan nilai enam. Vietnam memuncaki klasemen dengan nilai sembilan. Walau kalah, peluang Indonesia lolos ke semifinal tetap terbuka. Sebab, Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada laga terakhir. Di atas kertas, timnas U-19 bisa mengatasi Brunei. Sementara Vietnam harus meladeni tuan rumah Myanmar yang dikalahkan Indonesia 2-1 pada laga pertama.


Pelatih Indra Sjafri masih mengandalkan formasi 4-1-3-1-1. Hanis Saghara Putra diandalkan sebagai striker tunggal di lini depan. Egy Maulana Vikry yang biasanya Indra pasang sebagai gelandang tengah, kali ini diposisikan sebagai sayap kanan.


Sementara pelatih Hoang Anh Tuan, menerapkan permainan 3-5-2. Duet striker Le Xaun Tu, dan Le Van Nam, dia pasang sebagai penyerang di lini depan.


Indonesia langsung menyerang pada lima menit pertama pertandingan. Ada dua peluang penggawa Garuda Muda membuka keunggulan. Pada menit kelima, bola dari tendangan sudut tepat mengarah ke kaki pemain belakang Nurhidayat Haji Haris yang ikut membantu serangan. Tetapi sayang, sepakan pemain bernomor punggung 5 itu tak beraturan dan membuat bola keluar lapangan.


Sampai menit kesepuluh, serangan dari sayap kanan dan tengah penggawa Merah Putih, tak menghasilkan apapun. Para pemain the Golden Stars pun belum mampu memberikan ancaman. Skor masih 0-0.


Sampai pertandingan sudah setengah jam, gol pembuka belum juga tercipta. Para pemain tengah Indonesia mencoba alternatif sepakan keras dari luar kotak 16 ke gawang. Tetapi, barisan pertahanan Vietnam bermain disiplin dan rapi meminimalisasi bahaya.


Wasit Srinton Sassadee dari Thailand, memberikan hukuman. Peluang terbaik pertama milik Vietnam. Sepakan yang dilakukan gelandang Le Van Xuan, keras mengarah ke gawang. Kiper Muhammad Riyandi, melakukan penyelamatan pertamanya, dengan menepis bola ke luar lapangan.


Sepak pojok, milik Vietnam. Tetapi, upaya membuka keran gol pun gagal. Bola berhasil ditangkap kiper Garuda. Pada menit ke-37, nasib tak baik di kubu Indonesia. Kiper Muhammad Riyandi, terpaksa ditarik keluar lantaran mengalami kesakitan di kakinya usai sukses menendang bola.


Indra pun terpaksa memainkan kiper cadangan, Muchamad Aqil Savik. Pergantian pemain pertama penggawa Indonesia. Skor pun masih tanpa gol, sampai lima menit sebelum turun minum.


Pada menit ke-40, petaka bagi gawang Indonesia. Tendangan sudut Vietnam berhasil membuat gol. Bola yang mengarah ke depan gawang, menjadikan kemelut. Ada Le Van Nam, yang tanpa kawalan dan melepaskan sepakan keras ke gawang. Muchamad Aqil, tak mampu mengantisipasi. Skor menjadi 0-1.


Usaha para pemain Indonesia membalas tak berhasil. Alih-alih membuat angka di papan skor menjadi imbang, gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-44. Sebuah umpan lambung terukur dari Phan Van Luan dituntaskan oleh tandukan Le Van Nam yang menunggu di depan gawang.


Muchamad Aqil kembali gagal mengantisipasi. Skor menjadi 0-2. Tambahan waktu lima menit dari wasit tak mampu membuat Indonesia mengejar skor tertinggal.


Babak kedua, Indra Sjafri memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Hanis Saghara dan membuat sejumlah rotasi posisi pemain di lapangan. Namun tak banyak perubahan. Timnas U-19 masih kesulitan menjebol gawang Vietnam.


Indra kemudian memasukkan Samuel Christianson pada menit ke-75 menggantikan Firza Andika. Masuknya Samuel membuat serangan Indonesia sedikit lebih tajam. Tapi peluang yang tercipta belum juga berhasil dimaksimalkan.


Justru gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-86 lewat tandukan Bui Hoang Viet Anh dari sepak pojok. Ini menjadi gol terakhir pada laga tersebut.


Susunan Pemain


Indonesia U-19: Muhammad Riyandi (Muchammad Aqil Savik 38′), Nurhidayat Haji Haris (Witan Sulaeman 55’), Muhammad Iqbal, M Luthfi Kamal, Egy Maulana Vikri, M Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Syahrin Abimanyu, Hanis Saghara Putra, Firza Andika (Samuel Christianson 75’)


Vietnam U-19: Y E Li Ni E, Thai Ba Sang, Bui Hiang Viet Anh, Pham Van Luan, Le Van Xuan, Le Xuan Tu, Lieu Quang Vinh, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Tien Anh, Le Van Nam (Le Minh Binh 67’)


 





Hasil Piala AFF U-18 Indonesia vs Vietnam skor akhir 0-3

0 comments:

Post a Comment